Kamis, 07 Mei 2015

Abstrak : PENGARUH PELATIHAN REGULASI EMOSI TERHADAP KEBAHAGIAAN REMAJA PANTI ASUHAN YATIM PIATU



PENGARUH  PELATIHAN REGULASI EMOSI
TERHADAP KEBAHAGIAAN REMAJA
PANTI ASUHAN YATIM PIATU

Siti Aesijah
Program Pendidikan Magister Profesi Psikologi
Universitas Muhammadiyah Surakarta

ABSTRAK

Kebahagiaan merupakan merupakan penilaian umum atas emosi positif dan negatif (afektif) dan kepuasan hidup (kognitif) seseorang terhadap keseluruhan kehidupan. Kehidupan anak di panti asuhan cenderung mengalami emosi negatif yang lebih tinggi dibanding emosi positif. Salah satu cara atau intervensi yang dapat dilakukan untuk menurunkan emosi negatif dan meningkatkan emosi positif adalah dengan pelatihan regulasi emosi. Pelatihan regulasi emosi ini diharapkan mampu menurunkan emosi negatif dan meningkatkan emosi postif serta mampu meningkatkan kepuasan hidup, sehingga kebahagiaan remaja panti asuhan dapat meningkat.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelatihan regulasi emosi terhadap kebahagiaan remaja panti asuhan yatim piatu di Panti Asuhan Anak Yatim Piatu Daarul Hadlonah YKMNU Kendal.
Metode penelitian ini dilakukan secara eksperimen dengan desain Non Randomized Control Group Pretest-Pots Tets Design. Subjek penelitian ini adalah remaja panti asuhan  yatim piatu yang berusia 13-16 tahun, yang masih duduk di bangku SLTP baik laki-laki maupun perempuan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan regulasi emosi memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap peningkatan kebahagiaan remaja panti asuhan yatim piatu.


Kata kunci : Kebahagiaan, regulasi emosi, yatim piatu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar