PENGARUH PELATIHAN REGULASI EMOSI
TERHADAP
KEBAHAGIAAN
REMAJA
PANTI ASUHAN YATIM PIATU
Siti Aesijah
Program
Pendidikan Magister Profesi Psikologi
Universitas
Muhammadiyah Surakarta
ABSTRAK
Kebahagiaan
merupakan merupakan penilaian umum atas
emosi positif dan negatif (afektif) dan kepuasan hidup (kognitif) seseorang
terhadap keseluruhan kehidupan. Kehidupan anak di panti asuhan cenderung
mengalami emosi negatif yang lebih tinggi dibanding emosi positif. Salah satu
cara atau intervensi yang dapat dilakukan untuk menurunkan emosi negatif dan
meningkatkan emosi positif adalah dengan pelatihan regulasi emosi. Pelatihan
regulasi emosi ini diharapkan mampu menurunkan emosi negatif dan meningkatkan
emosi postif serta mampu meningkatkan kepuasan hidup, sehingga kebahagiaan
remaja panti asuhan dapat meningkat.
Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelatihan regulasi emosi terhadap
kebahagiaan remaja panti asuhan yatim piatu di Panti Asuhan Anak Yatim Piatu
Daarul Hadlonah YKMNU Kendal.
Metode penelitian
ini dilakukan secara eksperimen dengan desain Non Randomized Control Group Pretest-Pots Tets Design. Subjek
penelitian ini adalah remaja panti asuhan yatim piatu yang berusia 13-16 tahun, yang
masih duduk di bangku SLTP baik laki-laki maupun perempuan.
Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa pelatihan regulasi emosi memiliki pengaruh yang sangat
signifikan terhadap peningkatan kebahagiaan remaja panti asuhan yatim piatu.
Kata kunci : Kebahagiaan, regulasi emosi, yatim piatu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar