Rabu, 13 Desember 2017

Cara Membuat Tali Rambut Dari Sedotan

TALI RAMBUT DARI SEDOTAN
by : Imro' Atus Zahro

Karya ini dibuat oleh Mahasiswa UIN Walisongo Fakultas Komunikasi dan Dakwah Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam yang bernama Imro' Atus Zahro. Karya ini adalah tugas dari Mata Kuliah Teknologi Tepat Guna Lingkungan yang mengusung konsep pemanfaatan limbah menjadi barang berguna dan bernilai ekonomi serta penerapan Prinsip 3R (Reduce, Reuse dan Recycle). Fokus dari karya ini adalah recycle atau teknologi daur ulang sampah an-organik. Bahan-bahan yang digunakan sangat mudah didapat yaitu sedotan. Bahan ini sangat tidak asing bagi kita, bahkan bahan ini bertebaran dimana-mana, terutama di lingkungan sekolah. Alat yang dipergunakan juga sangat sederhana dan sangat mudah diperoleh yaitu lilin, korek api dan gunting. Baiklah kita simak cara membuatnya.

Contoh Produk :

Bahan-bahan yang diperlukan :
- Sedotan warna-warni
- Kareng gelang (elastis)
- Air
- Lilin



Alat-alat :
-Korek api
- Gunting
- Gelas



Cara Membuat :





 Ambil sedotan warna apa saja dekatkan dengan lilin yang menyala. Jangan sampai sedotan terkena api secara langsung. Biarkan sedotan meleleh dan menggulung perlahan.


Masukkan sedotan yang telah meleleh membentuk sebuah gulungan kecil kedalam air supaya dingin.



Potong gulungan lelehan sedotan dengan gunting dan rapikan gulungan tersebut.

 Buat sebanyak-banyaknya gulungan sedotan tersebut.
                          Buat kreasi warna sesuka hati dan tali bagian ujung rangkaian kuncir rambut. 
Selain untuk tali rambut juga bisa dikreasikan menjadi gelang. Hasil karya ini bisa diproduksi sebanyak-banyaknya dan dapat dipasarkan secara online. Semoga menjadi inspirasi anda untuk berkreasi dan berproduksi
SELAMAT MENCOBA. 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar